Loneliness




Perasaan kesepian, kecewa, stress, depresi, frustasi selalu ada dalam kehidupan semua manusia dan pasti kita semua pernah merasakannya. Bahkan kita pun berharap agar besok saya tidak usah membuka mata lagi agar tidak merasakan sakit yang mendalam. Terasa sesak di dada, tiba-tiba mengeluarkan air mata, rasa ingin menyerah dan menghilang kesuatu tempat mungkin seringkali terlintas dalam pikiran dan hati kita. Kita kadang merasa hidup tak ada gunanya, hidup kita tak berarti. Walau kita berada di tempat ramai sekalipun tapi rasa kesepian tetap ada dalam hati kita.


Saya pun pernah merasakannya bahkan sering merasakannya. Rasa kesepian, frustasi, stress, depresi, merasa bersalah, merasa hina, merasa tak berguna dan tak berharga, merasa takut, merasa khawatir, merasa kecewa dengan semua orang dan keadaan. Ingin rasanya untuk pergi ke suatu tempat sepi yang hanya ada saya dengan pemandangan yang indah, bintang-bintang berkilauan di langit, suara deburan ombak, udara yang segar atau berada disebuah puncak gunung atau puncak bukit dengan pemandangan laut yang indah atau mungkin cahaya indah yang dipantulkan oleh bangunan-bangunan di bawah gunung. 


Terkadang tak satupun orang bahkan orang-orang yang kita anggap keluarga, saudara, sahabat bahkan teman hadir saat di mana kita sedang dalam keadaan terburuk dalam hidup. Mereka terkadang pergi dan seolah tak peduli dengan kita. Mungkin mereka juga tidak memberikan suatu masukan atau sekedar memberikan bahunya bagi kita. Atau mungkin anda dan saya sendiri enggan untuk mengatakan yang perasaan yang dirasakan kepada mereka. Mungkin ada beberapa orang yang peduli dan sangat sayang dengan kita tanpa kita mengetahuinya. Bahkan mungkin mereka ingin hadir untuk kita namun keadaan membuat mereka jauh dari kita.


Keinginan untuk menyerah, bunuh diri, menyiksa diri terkadang timbul dalam pikiran. Tapi saya berpikir lagi sejenak. Bunuh diri memang akan melepaskan kita dari setiap persoalan di dunia tapi apakah Tuhan senang dengan tindakan itu? Apakah Tuhan akan menerima saya dengan cara yang seperti itu?


Saya meyakini bahwa ada seseorang atau beberapa orang yang peduli dan sangat menyayangi dan mencintai kita. Orang-orang yang akan menangisi kepergian kita. Orang-orang yang terlihat cuek dan tidak peduli namun sangat mengasihi kita. Dan yang saya paling yakini adalah ada pribadi yang melihat, mendengar setiap keluh kesah dan air mata kita. Pribadi yang mungkin secara fisik tidak hadir untuk kita tapi keberadaannya bisa kita rasakan saat kita datang dan memanggilnya. Dia adalah Tuhan kita.


Saya sangat terpukul dan sedih setelah mendengar berita kepergian salah satu personil boyband korea, Jonghyun Shinee. Saya memang tidak terlalu mengenal atau menggemarinya tapi saya tahu bahwa Ia adalah seorang yang berbakat, dicintai banyak orang, hangat, dan peduli pada orang lain terlebih pada para penggemarnya.Yang membuat saya lebih terpukul adalah ketika mengetahui bahwa alasan dibalik kepergiannya adalah karna Ia merasa sendiri, Ia merasa rusak, Ia merasa depresi. Kita bisa melihat bagaimana rasa kesepian bisa menyebabkan sesuatu yang sangat fatal.


Saya ingin berbagi kepada semua yang merasa kesepian dan sendiri, yang merasa hidup itu berat, yang merasa diri kita hancur, ingatlah kalian tidak sendiri. Banyak orang diluar sana yang mengalami seperti yang kita alami. Tapi kalian harus tahu dan ingat bahwa ada seorang pribadi yang selalu ada untuk kita. Datanglah kepadaNya, mintalah ketenangan dan kelegaan. Saya juga yakin bahwa Dia pasti mengirimkan salah satu 'malaikatNya' untuk menghibur kita. 


Saat anda ingin menyerah, ingatlah pada Dia yang telah memberikan anda hidup, yang memberikan pada anda semua yang anda miliki baik itu orang-orang di sekitar anda atau materi lainnya. Ingatlah bahwa ada seseorang yang ingin hidup tetapi ia tidak bisa. Ingatlah bahwa Tuhan sangat mengasihi kita dan akan memberikan jalan keluar bagi kita. Ingatlah Dia tidak akan meninggalkan dan membiarkan kita. Jangan lihat masalah anda tapi pandanglah Ia. Ingatlah juga pada keluarga anda, keluarga anda, orang-orang yang mendukung anda.


Dan bagi semua orang, mulailah lihat sekeliling anda. Pekalah dengan keadaan yang ada di sekliling anda. Lihatlah apakah ada seseorang yang butuh kasih sayang dan kepedulian anda. Lihatlah keluargamu, lihatlah temanmu jangan sampai kau kehilangan mereka karena mereka merasa sendiri. Hiburlah mereka, beri dukungan kepada mereka. Terkadang mereka hanya butuh bahu anda, pelukan dari anda, atau kata-kata sederhana yang membangkitkan mereka. Jadilah seseorang yang menebarkan kasih bagi mereka yang terluka, bagi mereka yang kesepian, bagi mereka yang sudah menyerah pada hidupnya.


Saya tahu bagaimana rasanya kesepian dan saya tidak ingin orang lain merasakannya juga terlebih orang-orang terdekat saya. Berusalah menjadi seorang teman, sahabat, keluarga, saudara yang baik bagi mereka. Mungkin anda dan saya tidak punya keahlian merangkai kata-kata yang indah yang bisa memotivasi seseorang tapi rangkullah mereka dengan tulus dan penuh kasih karna setiap ketulusan dan kasih akan menghilangkan rasa kesepian seseorang. Kita memang tidak bisa 24 jam untuk bersama mereka tetapi sisihkanlah waktu untuk mereka sebelum semua itu terlambat.


Hidup manusia tak pernah jauh dari masalah. Terkadang masalah bisa menjadi pedang bagi diri kita tapi juga bisa menjadi permata. Itu semua tergantung dari cara kita merespon setiap masalah dan persoalan dalam hidup kita. Setiap hal yang terjadi dalam hidup kita adalah pemberian dari Tuhan. Ia ingin kita semakin baik, kuat, dan indah seperti emas murni. 


HIDUPMU DAN HIDUP ORANG DISEKITARMU BERHARGA JADI JAGALAH DIRIMU DAN JAGALAH SEMUA ORANG YANG KAU CINTAI. KARNA TUHAN BERKATA BAHWA IA ADA BERSAMA DENGANMU, IA TAK AKAN MENINGGALKANMU, DAN TAK AKAN MEMBIARKANMU, IA MEMEGANG TANGANMU DAN MEMBERI KELEGAAN BAGIMU... :)











NCA

Comments

Popular Posts